Kontribusi Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika

Chintya Vionita(1), Hanesman Hanesman(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i4.114444

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian itu adalah untuk mengungkap kontribusi motivasi belajar serta fasilitas belajar pada masa Pandemi Covid 19 terhadap hasil belajar penerapan rangkaian elektronika siswa kelas XI TAV SMK Cendana Padang Panjang. Karena populasi yang hanya berjumlah 30 orang, maka penelitian ini disebut penelitian populasi, tidak menggunakan sampel karena populasi <100 orang. jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasional. Data hasil belajar peserta didik diperoleh berdasarkan angket dengan skala Likert yang diuji validitas serta reliabilitasnya. Analisis data menggambarkan: (1) motivasi belajar serta fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebanyak 14,97% terhadap hasil belajar siswa; (2) motivasi belajar memberikan kontribusi sebanyak 9,0625% terhadap hasil belajar siswa;(3) fasilitas belajar memberikan kontribusi sebanyak 3,0625% terhadap hasil belajar siswa. Jadi bisa disimpulkan bahwa motivasi belajar dan fasilitas belajar pada masa Pandemi Covid 19 berkontribusi terhadap hasil belajar penerapan rangakaian elektronika siswa kelas XI TAV SMK Cendana Padang Panjang.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar

 

The purpose of the study was to reveal the contribution of learning motivation and learning facilities during the Covid 19 pandemic to the results of the application of electronic circuits for class XI TAV students at SMK Cendana Padang Panjang. Because the population only collects 30 people, this study is called a population study, does not use a sample because the population is <100 people. This type of research is descriptive correlational. Data on student learning outcomes was obtained based on a questionnaire with a Likert scale tested for validity and reliability. Data analysis describes: (1) learning motivation and learning facilities together contribute 14.97% to student learning outcomes; (2) motivation contributes as much as 9.0625% to student learning outcomes; (3) learning facilities contribute as much as 3.0625% to student learning outcomes. So it can be said that learning motivation and learning facilities during the Covid 19 pandemic contributed to the learning outcomes of electronic circuits for class XI TAV SMK Cendana Padang Panjang.

Keywords: Learning Motivation, Learning Facilities, Learning Outcomes

 

Kata kunci : Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar


References


Kementrian Kesehatan Repuplik Indonesia. 2020. Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19 Kementerian Kesehatan. Diakses: https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/FAQ-Coronavirus.html

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pendoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Diakses: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia (kemdikbud.go.id)

Sanjaya,Wina. 2010. Kurikulum dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikaan . Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Dimyanti & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta : Grafindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 126 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 39 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.