The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan yang muncul dari permasalahan yang dihadapi yaitu kurangnya variasi media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menyediakan media pembelajaran yang valid dan praktis yaitu media majalah digital berbasis web blog yang mencakup materi seni rupa dua dimensi. Metode penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahap yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba produk dilakukan dalam tahap skala kecil dan skala besar pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Painan. Instrument yang digunakan yaitu angket yang diberikan kepada validator media, lay out, bahasa dan materi untuk menilai validitas media kemudian angket praktikalitas media yang dinilai oleh pendidik dan peserta didik sebagai pengguna produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas media sangat presentase 93,25% dan tingkat praktikalitas media sangat praktis presentase 90%.