The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan kepuasan pernikahan pada pasangan yang menikah dengan proses ta’aruf di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan pernikahan dan variabel independen adalah religiusitas. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepuasan pernikahan dan skala religiusitas.Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh yang terdiri dari 38 orang. Hasil uji coba menunjukan koefisien validitas pada kepuasan pernikahan bergerak dari 0,310 sampai 0,739, sedangkan koefisien reliability nya sebesar 0,925. Hasil koefisien validitas pada skala religiusitas bergerak dari 0,306 sampai 0,788, sedangkan koefisien reliability nya sebesar 0,909.Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,841 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara religiusitas dengan kepuasan pernikahan pada pasangan yang menikah dengan proses ta’aruf di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto. Besar sumbangan efektif religiusitas dengan kepuasan pernikahan sebesar 71%.

Keywords


Religiusitas, kepuasan pernikahan, ta’aruf.