The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas terapi kelompok untuk
mengurangi stress anak didik pemasyarakatan yang akan bebas. Penelitian ini melibatkan
10 orang anakyang dibagimenjadi 2 kelompok, pemilihan dan penempatannya dilakukan
secara acak. Desain penelitian ini adalah pretest postest group control. Pengumpulan data
menggunakan Perceived Stress Scale terdiri dari14 aitem dengan koefisien alpha sebesar
(α) 0,72. Pengujian hipotesis menggunakan T-test dengan taraf signifikansi sebesar 0,006.
Hasilnya adalah terapi kelompok efektif untuk menurunkan stres anak didik
pemasyarakatan yang akan bebas.


Keywords


Terapi kelompok, stres dan anak didik pemasyarakatan