The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Pelatihan career planning untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan rencana karier. Banyak mahasiswa kesulitan dalam menetapkan target karier dikarenakan minimnya informasi yang diperoleh, mereka tidak memiliki gambaran mengenai pekerjaan yang sesuai dengan bidang keilmuannya di perguruan tinggi. Selain itu, banyak dari mereka yang cenderung kurang memiliki kepedulian  mengenai rencana karier di kemudian hari. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa agar mampu merumuskan rencana karier terutama saat sedang berproses di perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan mengadakan pelatihan career planning. Pelatihan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam merumuskan rencana karier. Pihak yang terlibat pada penelitian ini sebanyak 19 orang mahasiswa Strata 1 Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan ialah One Group Pre-test Post-test Design dengan analisis data Wilcoxon Signed Rank Test dan analisis deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan negative ranks = 0 dan positive ranks = 19 (mean rank = 10.00) serta nilai signifikansi sebesar 0.000 (<0.05). Hal ini menjelaskan bahwa pelatihan career planning mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam merumuskan rencana karier, mereka mampu menetapkan target karier yang diinginkan serta merencanakan upaya pengembangan diri yang diperlukan sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Kata kunci : Perencanaan karier, pelatihan, mahasiswa


Keywords


Perencanaan karir, pelatihan, mahasiswa