The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini didasari atas prestasi belajar matematika siswa di Indonesia yang masih belum memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dapat diprediksi melalui dukungan otonomi guru pada siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 183 siswa SMP. Data dikumpulkan menggunakan skala dukungan otonomi guru dan nilai ujian semester pelajaran matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dukungan otonomi guru berhubungan dengan prestasi belajar matematika dengan korelasi sebesar 0,241 (p=0,002, p<0,01). Dukungan otonomi guru memberikan sumbangan efektif sebesar 5,1% terhadap prestasi belajar matematika siswa.Prestasi belajar matematika, dukungan otonomi guru

Keywords


Prestasi belajar matematika, dukungan otonomi guru