The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran budaya organisasi di PT. X yang merupakan perusahaan distribusi dan perdagangan spare part kendaraan bermotor dengan konsep bisnis konvensional. Perusahaan dituntut untuk dapat terus bersaing dan mencapai tujuan perusahaan di tengah maraknya bisnis berbasis e-commerce. Tingginya tingkat turnover karyawan membuat perusahaan harus memiliki budaya yang kuat. Budaya organisasi berperan sebagai landasan utama dalam kehidupan suatu organisasi. Pada penelitian ini, budaya perusahaan akan dinilai berdasarkan tujuh dimensi budaya organisasi Robbins (2012), yaitu innovation and risk taking, attention to detail, outcome orientation, people orientation, team orientation, aggressiveness, dan stability. Penentuan sampel menggunakan teknik acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 30 respondenMetode analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif yang tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis Berdasarkan hasil skoring, PT. X memiliki budaya perusahaan yang kuat. Dimensi yang berpengaruh paling kuat adalah team orientation dan outcome orientation (mean 3,7), sedangkan dimensi dengan skor terendah adalah aggresiveness (mean 3,1).

Keywords


Budaya organisasi, perusahaan distributor, model bisnis konvensional.