The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) ditinjau dari kepribadian big-five. dan tipe komitmen organisasi. Adapun subjek penelitian ini adalah karyawan PT Pertamina UPMS I Medan, sejumlah 115 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala OCB, skala kepribadian big-five dan skala komitmen organisasi. Hasil analisa data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan OCB ditinjau dari jenis kepribadian big-five (F = 1.138, p > 0.05), akan tetapi terdapat perbedaan OCB ditinjau dari tipe komitmen organisasi (F = 13.724, p < 0.05), dimana karyawan yang memiliki komitmen affective memiliki OCB lebih tinggi dari pada karyawan yang memiliki tipe komitmen continuance dan normative.

Keywords


Organizational citizenship behavior (OCB), kepribadian big-five, komitmen organisasi