Hubungan antara Konformitas Kelompok Teman Sebaya dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja

Bayati Ikko Bana(1), Niken Hartati(2), Yuninda Tria Ningsih(3),
(1) Universtitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universtitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universtitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal RAP

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v9i1.10376

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara konformitas kelompok teman sebaya dengan perilaku seksual pranikah pada remaja ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Desain penelitian ini yaitu korelasional komparatif. Teknik sampel yang digunakan adalah snowball sampling dengan jumlah subjek penelitian 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala konformitas kelompok teman sebaya dan skala perilaku seksual pranikah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rank spearman, uji t-test dan mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan positif antara konformitas kelompok teman sebaya dengan perilaku seksual pranikah ditinjau berdasarkan jenis kelamin.

Keywords


Konformitas, perilaku seksual, ditinjau jenis kelamin

References


Anesia C. P. F., & Notobroto, H. B. (2013). Faktor yang memengaruhi perilaku seksual pranikah remaja yang bertunangan. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 2(2), 140-147

Astrini, D. (2007). Perbedaan sikap antara remaja laki-laki dan perempuan terhadap pornografi. diterbitkan. Universitas Dharma, Yogyakarta. Skripsi Sanata Dharma, Yogyakarta.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial jilid 2 edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Chyntia, T. (2007). Konformitas kelompok teman sebaya dan perilaku seks bebas pada remaja. Jurnal Psikologi 1(1).

Hariza, A., & Citra, W. (2008). Motivasi belajar dan sumber-sumber informasi tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seksual remaja di smun 2 banguntapan bantul. Jurnal Kesehatan Surya Medika, 2, 152- 166.

Idawati, K., & Mahadun, H. (2008). Bedah otak, cinta, dan kecerdasan. Mojokerto: Percetakan Fajar.

Lestari, Y., Ramadani, M., & Darmayanti. (2011). Peran teman sebaya terhadap perilaku seksual pra nikah siswa SLTA kota Bukittinggi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 24-27

Purwanto, D. (2012). Hubungan antara religiusitas dengan perilaku seksual pelajar SMP di kota Bukittinggi. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang, Padang.

Santrock, J. (2003). Adolescence perkembangan remaja. (S. B. Adelar, & S. Saragih, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. (2012). Life-span development perkembangan masa hidup edisi 13 jilid 1. (N. I. Sallama, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. (2015). Psikologi remaja edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1985). Social psychology fifth edition. (M. Adryanto, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Viora, V. (2015). Hubungan attachment orangtua dengan perilaku seksual pada remaja. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang, Padang.

Wanyonyi, H. S. (2014). Youth sexual behaviour and sex education. International Journal of Education and Research 2(3).

Yulianti, N. (2015). Hubungan pergaulan teman sebaya dengan perilaku seksual remaja pada siswa Kelas XI DI SMA N 1 Semin Gunung Kidul Yogyakarta. Skripsi diterbitkan. STIKES Aisyiyah, Yogyakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 1932 times
 PDF Downloaded : 769 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal RAP