The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali informasi yang berasal dari subjek dengan kriteria wanita bekerja yang sedang memasuki masa kehamilan denngan usia di atas 30 minggu. Subjek dalam penelitian ini adalah Wanita yang masih aktif bekerja atau tidak mengambil cuti hamil minimal 1,5 bulan sebelum tanggal persalinan yang ditentukan oleh dokter, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mengkaji bagaimana kehamilan dapat mempengaruhi produktivitas pada wanita yang bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam subjek yang telah diwawancarai menunjukkan bahwa tidak ada kendala yang berarti dalam bekerja pada saat mereka mendekati masa kelahiran sekalipun. Para subjek mengungkapkan bahwa dukungan lingkungan penting dalam menjalani kehidupan kantor. Latar pendidikan subjek juga turut berpengaruh dalam memotivasi subjek tetap bekerja menjelang persalinan.

Keywords


Pregnancy period, working women, productivity