Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C (Studi Di Skb Kota Gorontalo)

Rusmin Husain

Abstract


Penelitian ini bertolak dari   permasalahan bagaimana kondisi awal pembelajaran Program Paket C, bagaimana model konseptual pembelajaran kolaboratif, bagaimana implementasi model pembelajaran kolaboratif, dan bagaimana efektivitas model pembelajaran kolaboratif yang dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar  program Paket C di SKB Kota  Gorontalo.

Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori pendidikan luar sekolah, model-model pembelajaran, pembelajaran kolaboratif, hasil belajar, dan program paket C.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif  dan  pendekatan  penelitian  &  pengembangan  (Research  and Development; R & D), yang meliputi kegiatan: studi pendahuluan, pengembangan draft awal model pembelajaran kolaboratif, validasi ahli dan revisi, implementasi model, dan uji keefektifan model. Metode penelitian yang digunakan  adalah metode deskripsi dan eksperimen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi awal pembelajaran program paket C bersifat konvensional, masih didominasi oleh tutor, warga kurang dilibatkan dalam pembelajaran, (2) validasi ahli telah menghasilkan model konseptual pembelajaran kolaboreatif dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar, (3) implementasi model dapat menghasilkan model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar warga belajar, dan   (4)   model   pembelajaran   kolaboratif   yang   dikembangkan   dalam penelitian ini sesuai dengan hasil analisis kualitatif maupun kuantitatif dari hasil pengujian telah efektif meningkatkan hasil belajar warga belajar program paket C.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif yang dikembangkan patut direkomendasikan kepada pihak-pihak yang terkait dalam memberdayakan warga belajar program paket C agar pembelajaran lebih kondusif dan optimal, dengan harapan kiranya model pembelajaran  kolaboratif  ini  juga  dapat  dimasukkan  sebagai  salah  satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran program paket C.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kolaboratif yang dikembangkan ternyata telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar program paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.