Menggapai Hasil Terbaik Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SDN 01 Tanjung Paku Kota Solok

Yonhormaison ,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam  dengan model Cooperative Learning tipe Stad di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tanjung Paku Kota Solok. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan, disadari bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah karena; rencana pelaksanaan pembelajaran kurang mempergunakan model pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran kurang mempergunakan  model  pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran, guru, dan peserta didik kelas IV B yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 20, 24, 27, dan 31 Januari 2015.

Hasil penelitian yang diperoleh: Peningkatan hasil belajar  siswa dari Siklus I ke Siklus II sangat signifikan. Hal ini terbukti dengan peningkatan rata-rata hasil belajar dari 67,88 menjadi 82,38, dan ada peningkatan sebesar 14,50. Hal ini membuktikan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran   dan pelaksanaan pembelajaran mengikuti  langkah-langkah model pembelajaran cooperative learning tipe STAD yang terdiri dari; 1) penyajian kelas, 2) kegiatan belajar kelompok, 3) pemeriksaan terhadap hasil kegiatan kelompok, 4) tes individu, 5) pemeriksaan hasil tes untuk penentuan skor peningkatan individual, dan 6) penghargaan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini terhadap guru, hendaknya senantiasa lebih meningkatkan kemampuan dalam mempergunakan model-model pembelajaran, terutama model cooperative learning untuk dapat memfasilitasi kebutuhan perkembangan murid dalam mengajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.