The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagusnya pelatihan public speaking di Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang (UKKPPK UNP). Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan manfaat pelatihan public speaking yang meliputi, 1) menumbuhkan cara komunikasi, 2) menambah sikap kepemimpinan, 3) meningkatkan percaya diri. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 64 orang yang terdiri dari anggota UKKPK angkatan XXII. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode random sampling.  Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang anggota  yang mengikuti pelatihan public speaking. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan alat pengumpul data menggunakan pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat pelatihan public speaking menurut anggota pelatihan tergolong sangat baik,dan baik. Saran agar metode dalam pelatihan public speaking terus ditingkatkan lagi oleh instruktur pelatihan.