Gambaran Pengelolaan Usaha Produktif Pengolahan Jahe di SKB Kota Padang Panjang

Muhammad Rizal(1), Irmawita Irmawita(2), Vevi Sunarti(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.8995

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan program keterampilan produktif pengolahan jahe di SKB Kota Padang Panjang. Penulis menduga hal ini disebabkan oleh pengelolaan yang baik pada usaha produktif pengolahan jahe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gambaran pengelolaan usaha produktif pengolahan jahe yang ditinjau dari aspek perencaaan, pelaksanaan, dan pemasaran produk olahan jahe. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar program pengolahan jahe yang berjumlah 15 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan untuk menganalisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa usaha produktif pengolahan jahe sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase jawaban responden dari aspek yang diteliti: baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam pemasaran produk olahan jahe.


References


Anwar. 2004. Pendidikan Keterampilan Hidup. Bandung: Sinar Baru.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (Life Skill). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Djafar, Tengku Zahara. 2001. Pendidikan Nonformal dan Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan. Jakarta: Universitas Negeri Padang.

Harmaizar. 2010. Menangkap Peluang Usaha (online) https://carapedia.com/ pengertian_definisi_usaha_info2644.html, diakses 6 juni 2017.

Jayantini, Febi, dkk. 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produktifitas Pada UD Wahyu Arta. (jurnal).

Priangani. Ade. 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan. Volume 2. No 4.

Sudjana, D. (2000). Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Nusantara.

Sudjana, D. (2004). Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung: Falah Production.

Sukardi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.


Article Metrics

 Abstract Views : 120 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.