Abstract


Abstrak

Artikel ini ditulis untuk 1) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam mengikuti 3 perintah sekaligus melalui permainan kartu pesan berantai, 2) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam membedakan suatu benda melalui permainan kartu pesan berantai, 3) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam menjawab pertanyaan “kapan” melalui permainan kartu pesan berantai. Penelitian ini dilakukan di PAUD Melati Padang Barat yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menggambarkan bahwa 1) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam mengikuti tiga perintah sekligus, 2) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menyebutkan perbedaan suatu benda, 3) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menjawab pertanyaan “kapan”. Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada aspek mengikuti 3 perintah sekaligus, menyebutkan perbedaan suatu benda, menjawab pertanyaan “kapan” diharapkan kepada guru lebih kreatif untuk dapat menggunakan berbagai media untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.