The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak

Artikel ini ditulis untuk 1) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam mengikuti 3 perintah sekaligus melalui permainan kartu pesan berantai, 2) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam membedakan suatu benda melalui permainan kartu pesan berantai, 3) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam menjawab pertanyaan “kapan” melalui permainan kartu pesan berantai. Penelitian ini dilakukan di PAUD Melati Padang Barat yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menggambarkan bahwa 1) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam mengikuti tiga perintah sekligus, 2) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menyebutkan perbedaan suatu benda, 3) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menjawab pertanyaan “kapan”. Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada aspek mengikuti 3 perintah sekaligus, menyebutkan perbedaan suatu benda, menjawab pertanyaan “kapan” diharapkan kepada guru lebih kreatif untuk dapat menggunakan berbagai media untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.