Rambutan Reading House: As A Solution Character And Moral Development For Children In The Bandar Selamat Area, Medan Tembung District, Medan City

Cristina Asvera Saragih(1), Felycia Nainggolan(2), Rouli Agustina Zebua(3), Vitra Anugrah Siringo-ringo(4), Karina Suvena(5), Ayu Listiyana Wahyuni(6),
(1) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(2) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(3) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(4) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(5) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(6) Universitas Negeri Medan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.116664

Full Text:    Language : en

Abstract


            Rumah Baca Rambutan dibentuk untuk dapat melayani masyarakat dimulai dari anak anak yang rentan mudah terpengaruh dari lingkungan serta meningkatkan ilmu keagamaan dan kemampuan anak dalam program yang disediakan Rumah Baca Rambutan. Nanda Fauzi Matondang, Pemilik sekaligus pendiri meyakini bahwa kekuatan spiritualitas dapat membuat seseorang terkhususnya anak anak dapat mencegah tingginya penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan bagaimana berdirinya suatu program Rumah Baca Rambutan di saat lingkungannya sedang marak narkoba. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Rumah Baca Rambutan di Desa Bandar Selamat yang dilakukan menimbulkan dampak yang positif serta perubahan yang lebih baik dalam masyarakat. namun hambatan yang ditemui aadalah pandangan beberapa masyarakat lain akan berdirinya Rumah Baca Rambutan, Serta masih kurangnya relawan dan perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan eksistensi dari Rumah Baca Rambutan.


References


Ardiansyah dkk. 2021. Pembenahan Taman Baca Masyarakat (TBM) dalam upaya Meningkatkan MInat Baca Masyarakat Kelurahan Malimongan Baru dan Kelurahan Timungan Lompoa di Kecamatan Bontoala. Jurnal Lepa-lepa Open. Vol 1(1). 44-56.

Aznedra dan Rizki Eka Putra. 2017. Pelatihan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat “Ceria”Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Non Formal Bagi Warga Kelurahan Bukit Tempayan Rw 03. Jurnal Minda Baharu. Volume 1 (1).

Damayani, Ninis Agustus, dkk. 2017. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat di Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Volume 6 (1).

Girsang, Nita A. 2016. Minat membaca dalam kehidupan masyarakat Jepang. [skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Hidayanti, Juniawan. 2013. Masyarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. [skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Lestari, Elisa Cintia dan Lydia Christiani. 2015. Konstruksi Sosial Masyarakat Desa Kayen Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Terhadap Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat “Perpustakaan Bunga Surya”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Volume 4 (3).

Maharani, Ony dkk. 2017. Minat baca anak anak di kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol 3 (1). 320-328.

Manita, Rika J dan Nurmayasari. 2020. Eksistensi Rumah Baca Bagi Komunitas Selaras Alam. Jurnal Istinarah. Vol 2(1). 16-29.

Maulana, Akbar dkk. 2019. Peran Rumah Baca “Ceger Membaca” dalam minat baca di Desa Ceger, Jurang Mangu Barat. Jurnal UMJ. 1-8.

Misriyani, M dkk. 2019. Pengelola Taman Baca masyarakat. jurnal of Nonformal Education and Community empowerment. Vol 3(2). 160-172.

Murdowo, Djoko dkk. 2020. Perancangan desain interior perpustakaan ramah anak sebagai upaya menumbuhkan minat baca anak di Masjid Al Aniah Bandung. Jurnal Abdimas berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 3(2). 99-109.

Purnomo, Rudy Setiawan, dan Yuswono Hadi. 2019. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Bagi Anak – Anak di Sumbersekar Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri 2019. Volume 5 (4).

Rahma, GresiAmarita, dkk. 2013. Rumah Baca Jendela Dunia, Sebuah Model Perpustakaan Panti Asuhan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), hal 56-58

Saepudin, Asep dan Bunga Nisa Mentari. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Kwangsan, 4(1), hal. 43-54.

Sitepu, Bintang P. 2012. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI. Vol 7(1). 42-56.

Sujarwo dan Erna Kusumawardani. 2020. Analisis Kebutuhan Masyarakat. Depok: Rajawali Press.

Solicha, Isnainia dan Na’imah. 2020. Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini. Jurnal UPMK. Vol 4(2). 197-206.

Suwanto, Sri Ati. 2015. Analisis Literasi Informasi Pemakai Taman Bacaan Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Volume 3 (1). 89-100.

Wahyuni, Sri. Perkembangan Pendidikan di Negara Jepang Pasca Perang Dunia II dan relevansinya terhadap pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNS. Jurnal Candi. Vol 18(2). 97-109.

Yanto, Andri, Saleha Rodiah dan Elnovani Lusiana. 2016. Model Aktivitas Gerakan Literasi Berbasis Komunitas di Sudut Baca Soreang. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Volume 2 ( 1). 107-118.


Article Metrics

 Abstract Views : 199 times
 PDF Downloaded : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.