The Relationship Between Interpersonal Communication In The Family And The Moral Behavior Of Adolescents At MTS Darun Na'Im Simpangkubu

Rifdah Nadia(1), Setiawati Setiawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.114906

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku moral remaja di MTS Darun Na’im Simpangkubu. Hal ini diduga penyebabnya salah satunya karena komunikasi interpersonal dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan komunikasi interpersonal dalam keluarga; 2) menggambarkan perilaku moral remaja di MTS Darun Na’im Simpangkubu; 3) melihat hubungan komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan perilaku moral remaja di MTS Darun Na’im Simpangkubu

Jenis penelitian ini adalah korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik atau remaja di MTS Darun Na’im Simpangkubu kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 105 orang dan 32 orang dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik stratified sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment.

Hasil penelitian tergolong bahwa: 1) komunikasi interpersonal dalam keluarga pada remaja rendah; 2) perilaku moral remaja di MTS Darun Na’im Simpangkubu tergolong rendah; 3) terdapat hubungan signifikan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan perilaku moral remaja di MTS Darun Na’im Simpangkubu. Saran penelitian adalah: 1) diharapkan kepada orang tua peserta didik untuk dapat memperhatikan dan komunikasi interpersonal secara baik sehingga dapat berkontribusi dalam perilaku moral remaja sesuai dengan yang diharapkan; dan 2) diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti variabel lain yang berpengaruh terhadap perilaku moral remaja


References


Hasibuan, A. (2017). Etika Profesi Profesionalisme Kerja (A. F. H. Hasibuan, ed.). Medan: UISU Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/7ezmq

Hurlock, E. B. (2006). Perkembangan Remaja (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Maknun, D., Tubagus, P., Genisa, M. U., Hernawati, K., Purnomo, J., Khikmawati, N. M., & Tamimmuddin, M. (2018). Sukses Mendidik Anak Di Abad 21 (A. Cahyanti, ed.). Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi Persuasi. Jakarta: Akademia Permata.

Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan Antara Perhatian yang Diberikan Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8

Narsih, D. (2021). Pendidikan Keluarga Sebagai Ujung Tombak Perilaku dan Moral Anak: Tinjauan Sosiologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Pratiwi, E., & Evianawati. (2015). Intensitas komunikasi orang tua dan agresivitas remaja. Jurnal Psikologi “Mandiri,” 1, 1–14.

Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005

Sarmiati, E. R. R. (2019). Komunikasi Interpersonal. Malang: CV IRDH.

Setiawati, S., & Aini, W. (2019). Increase Adult Learning Motivation through Promotion of Their Needs. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 111–119. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.36

Setiawati, S., Jamaris, J., & Rusdinal, R. (2020). A Model of Family Education in Developing Prosocial of the Children Using Playing Ground in Public Facilities. Proceedings of the 2nd International Conference Innovation in Education (ICoIE 2020), 504.

Setiawati, S., & Syuraini, S. (2018). Peningkatan Peran Serta Ibu-Ibu dalam Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pendidikan Karakter dan Keterampilan Membuat Makanan Jajanan Berbasis Bahan Lokal. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 119–123. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.15

Situmorang, Z. R., Hastuti, D., & Herawati, T. (2016). Pengaruh Kelekatan dan Komunikasi dengan Orang Tua terhadap Karakter Remaja Perdesaan. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.113

Syamsu, Y. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tahir, A. (2014). Buku Ajar Perilaku Organisasi. In S. Salim (Ed.), Deepublish. Yogyakarta: Deepublish.

Ying, L., Ma, F., Huang, H., Gua, X., Chen, C., & Xu, F. (2015). Parental monitoring, parent-adolescent communication, and adolescents’ trust in their parents in China. PLOS ONE Journal, 10(8), 1–9.

Yulianti, Y., & Syuraini, S. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Budi Pekerti Remaja di Jorong Usak Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(3). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100501


Article Metrics

 Abstract Views : 260 times
 PDF Downloaded : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.