Development Of Ulen Gulung Entrepreneurship Based On Local Wisdom Through Strengthening Digital Literacy At Bina Cipta Community Learning Center Ujungberung Bandung City

Susi Susilawati(1), Ade Sadikin(2), Iip Saripah(3),
(1) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i1.112918

Full Text:    Language : en; id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan dampak pandemic covid 19 yang mengakibatkan banyaknya masyarakat yang mengganggur, kebutuhan rumah tangga semakin tinggi tetapi pemasukan/penghasilan keluarga yang sedikit, banyaknya bahan baku beras ketan, kelapa, daun pisang sekitar Kecamatan Ujungberung untuk membuat ulen gulung, serta pemasaran dagangan pada jaman sekarang yang semakin canggih serba digital. Kondisi tersebut dipandang sebagai peluang dan tantangan dalam pemanfaatan potensi wilayah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: a). Memperoleh informasi tentang pengembangan kewirausahaan ulen gulung berbasis muatan lokal melalui penguatan literasi digital di PKBM Bina Cipta Ujungberung Kota Bandung; b). Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kewirausahaan ulen gulung berbasis muatan lokal melalui penguatan literasi digital di PKBM Bina Cipta Ujungberung Kota Bandung; c). Untuk mengetahui hasil dari pengembangan kewirausahaan ulen gulung berbasis muatan lokal melalui penguatan literasi digital di PKBM Bina Cipta Ujungberung Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan Purposive Sampling sebagai teknik penentuan sampel, serta alat penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats sebagai berikut: 1) Strength (Kekuatan): mendapatkan dukungan dari keluarga untuk mendirikan PKBM Bina Cipta Ujungberung, mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah, beras ketan menjadi hasil sumber daya alam yang melimpah di sekitar Kecamatan Ujungberung yang bisa dijadikan Usaha Ulen Gulung yang bisa diterima oleh konsumen; 2) Weaknesses (Kelemahan): harga beras ketan dan bahan ulen gulung lainnya kadang-kadang yang mahal, tidak sesuai dengan harga penjualan produk ulen gulung, kurang luas pemasaran sehingga banyak masyarakat yang belum tahu produk ini; 3) Opportunities (Peluang): bisa dijadikan peluang usaha mata pencaharian masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, dan bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah Ujungberung Kota Bandung; 4) Threats (Ancaman): sulitnya mendapatkan bahan baku ulen gulung dikarenakan harga bahan mentahnya yang sudah mahal sehingga sulit untuk memberikan harga, tidak tahan lama nya ulen gulung ini sehingga setiap ada pemesanan barulah dibuatkan produknya, tidak bisa disimpan terlalu lama, dan banyaknya pesaing dari luar daerah dengan jenis produk yang sama yaitu produk berbahan dasar beras ketan ini.

Kata Kunci: Kewirausahaan, Literasi Digital


References


Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2010). Penduduk Menurut Umur Tunggal, Daerah Perkotaan/Pedesaan, dan Jenis Kelamin Kota Bandung. Bandung: Sensus Penduduk 2010. https://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=262&wid=3273000000

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Jawa Barat Februari 2020. Bandung: Berita Resti Statistk No. 28/05/32/Th.XXII, 5 Mei 2020. https://jabar.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/815/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--jawa-barat-sebesar-7-69-persen.html

Indrawati, Andi dkk. (2021). Peningkatan Literasi Digital bagi Wirausaha Muda. Samarida: Abdimas Mahakam Journal. Vol. 5. No. 01. E-ISSN: 2549-5755. http://journal.uwgm.ac.id/index.php/abdimasmahakam/article/view/1028/584

Malinda, maya. (2002). Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Seseorang Berwirausaha (Sebuah Kajian Literatur). Bandung: Jurnal Manajemen Maranatha. Volume 1. Mei 2002. https://media.neliti.com/media/publications/113583-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-seseoran.pdf

Nugraheni, Edlin Yanuar & Muhammad Rahmattullah. (2021). Peningkatan Literasi Digital Dan Inovasi Produk Sasirangan Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi Covid 19. Banjar: BAKTI BANUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2. No. 1. Mei 2021. e-ISSN: 2722-3736. p-ISSN: 2722-7529. https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/BBJM/article/view/201

Prahestiwi, Eliza Rahmah. (2021). Society's Entrepreneurship During The Pandemic Through The Water Hyacinth Handicraft In The Village Of Walahar Klari Distric Of West Java. Karawang: SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Volume 9. Nomor 2. September 2021. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/112702

Sari, Sofia Maya. (2020). Determinants Of Msme’s Competitive Advantage: Do Digital Competency And Entrepreneurial Orientation Matter?. Bandung: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol.5. No. 1. April 2020. hal. 63-72. DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i1.26999

Sriwahyuni, Diana. (2020). Hubungan Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Status Sosial Ekonomi, Production Based Learning Dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Padang: Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS). Volume 3. Nomor 2. Desember 2020. e-ISSN: 2614-1574. p-ISSN: 2621-3249. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/1677


Article Metrics

 Abstract Views : 265 times
 PDF Downloaded : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.