Abstract


ABSTRAK

Pendidikan luar sekolah merupakan kegiatan yang dirancang secara tersusun di luar jalur persekolahan, yang mana kegiatannya dilaksanakan secara sendiri atau membentuk bidang yang bermanfaat untuk mengasah kemampuan serta keterampilan, yang dilaksanakan agar dapat mambantu masyarakat agar tercapai tujuan belajarnya.

TPA lembaga pendidikan islam bersifat nonformal guna membantu orang tua dalam membimbing dan mengajarkan anak-anak memperdalam wawasan dan pengetahuan tentang pendidikan islam. Pendidikan ini tergolong pada jalur pendidikan nonformal yang diorietasikan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Pendidikan keagamaan terutama kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran.

Teman sebaya adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam berbagai hal, seperti salah satunya adalah kedisiplinan, kedisiplinan  yang dimiliki oleh anak mudah dipengaruhi oleh teman sebaya, sebab teman sebaya merupakan seseorang teman yang memiliki usia serta berkembangan yang sama, dan juga memiliki keinginan yang sama dalam menjalin pergaulan dengan anak yang seusia dengannnya.

Sebagai seorang warga belajar, sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan sikap disiplin dalam kegiatan aktivitas pembelajaran. kedisiplinan belajar bertujuan agar aktivitas belajarnya bisa menjadi teratur, hasil memuaskan didapatkannya yang serupa terhadap tujuan yang diinginkan. Pembahasan mengenai disiplin belajar akan berkaitannya dengan motivasi, dorongan, kepribadian dan pengetahuan.

Kata Kunci: TPA dan pendidikan formal.