PENGEMBANGAN COMPUTER BASED TESTING (CBT) DALAM MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KEILMUAN PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Eldarni Eldarni, Novrianti Novrianti

Abstract


Abstract

Permasalahan evaluasi akhir perkuliahan selama ini pada program studi Teknologi Pendidikan adalah belum adanya bank soal yang terdokumentasikan secara terstruktur. Sehingga memberikan persoalan pelaksanaan ujian yang tertunda apabila dosen yang membina tidak dapat melaksanakan ujian. Disatu sisi hampir sebagaian besar soal yang diberikan berupa essay yang belum melalu proses analisis kelayakan. Sejalan dengan visi dan misi program studi Teknologi Pendidikan sebagai perekayasa pembelajaran, maka semestinya dengan ketersediaaan labor komputer yang lengkap memiliki satu program evaluasi yang menggunakan komputer atau CBT.

Penelitian ini bertujuan  untuk menghasilkan produk pelaksanaan evaluasi berbantuan komputer atau biasa dikenal dengan Computer Based Testing (CBT) yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata kuliah MKK program studi Teknologi Pendidikan melalui  validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Model penelitian pengembangan ini adalah model prosedural. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, format penilaian dengan kriteria yang meliputi aspek isi materi berupa Tes Pilihan Ganda dan  aspek media, kemudian angket yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba untuk melihat kemudahan bagi subjek coba menggunakan produk CBT.

Hasil analisis menunjukkan bahwa produk CBT berada pada kategori Sangat Baik (89%), memiliki jumlah rerata skor sebesar 4,4 (skor maksimum 5). Untuk aspek isi termasuk dalam kategori Sangat Baik (96%) jumlah rerata skor sebesar 4,8 (skor maksimum 5). dan dari aspek media termasuk dalam kategori Sangat Baik (83%) jumlah rerata skor sebesar 4,1 (skor maksimum 5). Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba produk CBT berada pada kategori Sangat Baik (94%) dengan rerata 4,7. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk CBT ini layak digunakan sebagai media alternatif untuk memecahkan permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan evaluasi yang dirasakan oleh dosen dalam mata kuliah keahlian khususnya dalam hal ini pada mata kuliah Evaluasi Program.


Keywords


Computer Based Testing, Evaluasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i2.5836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id