HUBUNGAN PERAN PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II D- III KEBIDANAN STIKES RANAH MINANG PADANG TAHUN 2014

Afrida Sriyani, Ririn Rosadi

Abstract


Hasil belajar di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu Pembimbing Akademik. Dari hasil wawancara terhadap mahasiswa tingkat II Prodi DIII Kebidanan bahwa mereka hanya menemui PA satu kali dalam satu semester, berdasarkan data dari Unit Evaluasi dan Kemahasiswaan prodi DIII Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang, dari 112 mahasiswa, jumlah mahasiswa yang memperoleh Indeks Prestasi (IP) lebih dari 3,51 berjumlah 4 orang (3,60%), IP antara 2,76-3,50 berjumlah 64 orang (57,65%), dan yang mendapatkan IP kurang dari 2,75 berjumlah 43 orang (38,73%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Peran Pembimbing Akademik (PA) dengan Hasil Belajar Mahasiswa tingkat II prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang Tahun 2014.

Jenis Penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional Study. Populasinya adalah seluruh mahasiswa tingkat II prodi DIII Kebidanan sebanyak 112 orang, cara pengambilan sampel  dengan total populasi. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 - 6 september 2014. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data sekunder berupa hasil belajar, analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi – square.

Hasil penelitian didapatkan (61,6%) hasil belajar memuaskan dan (38,4%) kurang memuaskan, serta (41,1%) pembimbing akademik yang berperan dan (58,9%) kurang berperan dengan hasil uji statistik P Value = 0,393.Artinya Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara peran pembimbing akademik dengan hasil belajar mahasiswa.

Hasil belajar mahasiswa tidak di pengaruhi oleh peran pembimbing akademik, untuk itu peneliti menyarankan kepada institusi prodi DIII kebidanan lebih memperhatikan faktor faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar seperti motivasi, minat dan peran teman sebaya.


Keywords


hasil belajar, peran pembimbing akademik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id