PENATAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN WARGA BELAJAR PENDIDIKAN NONFORMAL

Irmawita Irmawita

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai program pendidikan nonformal yang dilaksanakan di masyarakat seperti; program pendidikan keaksaraan fungsional, pendidikan kesetaraan, pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan kepemudaan. Program pendidikan nonformal ini dilaksanakan oleh PKBM, SKB maupun LSM yang merupakan lembaga pendidikan nonformal. Mendukung pelaksanaan pendidikan nonformal ini disediakan Taman Bacaan Masyarakat(TBM). Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan perpustakaan masyarakat yang menyediakan koleksi bahan bacaan , dapat dimanfaatkan oleh warga belajar untuk meningkatkan pengetahuannya, tempat berdiskusi dan bertukar pikiran sesama warga belajar setelah membaca sumber bacaan. Bahan bacaan yang ada di TBM cendrung menyediakan koleksi bacaan yang sesuai dengan kebutuhan belajar masyarakat seperti buku tentang pertanian, agama, penataan hidup rumah tangga dan sebagainya yang dapat menambah pengalaman tentang pekerjaan dan menata kehidupan dari warga belajar.

Penelitian ini dilakukan di kota Padang , yang menjelaskan penataan TBM sebagai sarana pembelajaran warga belajar pendidikan nonformal, meliputi aspek pemilihan lokasi, pelaksanaan sosialisasi, ketersediaan sarana dan prasarana, penetapan waktu, pelaksanaan pengelolaan dan keadaan  koleksi bahan bacaan. Jenis penelitian ini adalah  deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian warga belajar yang memanfaatkan sarana Taman Bacaan Masyarakat.

Hasil penelitiannya adalah sebagian besar dari warga belajar menyatakan dari aspek pemilihan lokasi, pelaksanaan sosialisasi, ketersediaan sarana dan prasarana, penempatan waktu, pelaksanaan pengelolaan dan keadaan koleksi bacaan sudah tertata dengan baik, dan taman bacaan masyarakat sudah difanfaatkan oleh warga belajar pendidikan nonformal sebagai pusat pembelajaran.


Keywords


Taman Bacaan Masyarakat Sarana Pembelajaran Pendidikan Nonformal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id