MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 04 BIRUGO KOTA BUKITTINGGI MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA TERBIMBING

Artispen Artispen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi. Kajian penelitian ini dianggap relevan dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam menerima pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Penelitian ini  menggunakan lembaran latihan terbimbing disertai dengan lembar observasi selama kegiatan pembelajaran. Hasil pengisian lembar observasi, hasil tes siswa, dan catatan harian peneliti kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai bahan perencanaan tindakan pada siklus selanjutnya. Data tersebut diolah dengan menggunakan formula presentase guna penarikan kesimpulan.

Temuan Penelitian Tindakan kelas (PTK) setelah dianalisa menunjukan bahwa berdasarkan observasi awal pada SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi memperoleh nilai rata-rata 59%. Setelah dilaksanakan siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 65% dan hasil pelaksanaan siklus kedua diperoleh nilai rata-rata 74%.  Sedangkan pelaksanaan siklus ketiga diperoleh nilai rata-rata 84%.

Implikasi hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penggunaan lembaran latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi. Dengan demikian hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bukittinggi.

Keywords


Penggunaan lembar latihan terbimbing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id