PELAKSANAAN MODEL REGGIO EMELIO PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ASSYOFA PADANG

Yulsyofriend Yulsyofriend,, Yaswinda Yaswinda, Zulminiati Zulminiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan model pembelajaran dengan pendekatan Reggio Emelio yang diterapkan oleh Taman Kanak-kanak Assyofa Padang. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan   Juli Desember 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru kelas B1 dan siswa Taman Kanak-kanak Assyofa khususnya di lokal B1 serta orang tua siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisa data Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa : (1 ) Perencanaan yang dibuat guru belum menunjukkan suatu kegiatan yang terpadu dan kurang sesuai dengan tema atau dengan kata lain model pembelajaraan di Taman Kanak-kanak Asyofa terdapat kekurang cermatan dalam memadukan kegiatan dengan sub tema pada hari itu ; (2) Dalam pelaksanaan model pembelajaran model Reggio Amelio di Taman Kanak-kanak Assyofa terdapat temuan bahwa pelaksanaan sudah baik; (3) Penilaian siwa yang tidak berdasarkan penilaian otentik ;(4) Model pembelajaran Reggio Emelio di Taman Kanak-kanak Assyofa melibatkan dua unsur utama dalam pendidikan yaitu guru dan orang tua, namun peran serta orang tua masih rendah dan peran serta masyarakat sekitar sekolah tidak terlihat. Disarankan agar guru perlu diberikan pelatihan lebih lanjut bagaimana membuat perencanaan pembelajaran yang terpadu atau perlu dilakukan peneltian lebih lanjut dengan pendekatan action research.


Keywords


anak usia dini, model Reggio Emelio, pelaksanaan pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i1.2231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id