DESKRIPSI KEPEMIMPINAN KETUA LEMBAGA SOSIAL KEMASYARAKATAN (LSM) DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL

Irmawita Irmawita

Abstract


Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang berlangsung dalam keluarga, di sekolah dan masyarakat. Pendidikan masyarakat dalam bentuk pendidikan nonformal dengan berbagai satuan pendidikan diselenggarakan oleh masyarakat yang salahsatunya dilakukan oleh Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSM).

Pengelola pendidikan di LSM pada umumnya orang yang bukan berlatar belakang keilmuan pendidikan, maka apakah dengan berbagai keterbatasannya, mereka mampu mengelola program pendidikan masyarakat dengan baik dan tepat. Bagaimanakah gambaran kepemimpinan ketua LSM dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi program pendidikan masyarakat yang mereka laksanakan.

Mereka menyusun perencanaan akan tetapi perencanaanya belum disosialisasikan kepada tutor dan penyelenggara. Membentuk struktur kerja akan tetapi penegasan tugas belum jelas. Melaksanakan program dan pengadministrasian kegiatan akan tetapi masih lemah dalam memotivasi dan pembinaan terhadap tutor, penyelenggara dan warga belajar. Sudah ada kegiatan evaluasi dilakukan dan itu hanya untuk warga belajar dan tidak ada evaluasi yang dilakukan untuk kinerja tutor dan penyelenggara program pendidikan masyarakat.

Disarankan untuk melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap pengurus LSM agar mereka dapat melaksanakan program pendidikan masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen pendidikan nonformal.


Keywords


Kepemimpinan Ketua LSM dan Pegelolaan Pendidikan Nonformal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i1.2220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id