Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika bagi Siswa SMK Dhuafa Padang

Aswardi Aswardi

Abstract


Pembelajaran yang berpusat pada guru berdampak terhadap kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Selain itu, siswa juga sulit untuk memahami materi pembelajaran dari bahan ajar yang telah disediakan, sehingga siswa menjadi pelajar pasif. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam mata pelajaran MDDE bagi siswa  SMK Dhuafa Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran MDDE melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.


Keywords


Pembelajaran dan hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v12i2.2197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id