Pengaruh Permainan Dadu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Aisyah Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar

Elsy Nabila Fadria(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/4675

Abstract


Penelitian ini berawal dari kenyataan di TK Aisyah Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar bahwa kemampuan membaca anak belum berkembang secara maksimal, anak masih banyak yang belum mengenal huruf abjad, anak masih ragu dalam membedakan huruf vokal dan huruf konsonan. Kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan kemampuan membaca anak, dan kurang menariknya media yang digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan membaca anak sehingga menyebabkan kejenuhan pada anak. Salah satu alternatif pemecahan masalah adalah dengan permainan dadu huruf dalam mengembangkan kemampuan membaca anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh pengaruh dadu huruf terhadap kemampuan membaca anak di TK Aisyah Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah anak TK Aisyah Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 13 orang yang terbagi  dalam 2 kelompok belajar, teknik pengambilan sampelnya adalah Total Sampling, yaitu seluruh jumlah populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes buatan guru. Kemudian data diolah dengan uji hipotesis menggunakan analisis koefisien korelasi product moment, uji regresi sederhana dan uji t  (t-test).

Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 89,2 dan SD sebesar 5,82 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 76,4 dan SD sebesar 5,93. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 15,514 dan ttabel sebesar 2,16 pada taraf nyata α = 0,05. Maka dapat disimpulkan permainan dadu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di TK Aisyah Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar.


Article Metrics

 Abstract Views : 687 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.