PENGARUH MELUKIS PASIR TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Faradilla Oktarika(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/4668

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Melukis Pasir Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Di Taman Kanak-kanak Amalan Parupuk Tabing Padang.  Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasy experimental (eksperimen semu) dengan menggunakan Melukis Pasir. Berdasarkan Analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil perkembangan kreativitas anak kelas eksperimen yang menggunakan melukis pasir lebih tinggi (78,6) di bandingkan kelas kontrol yang menggunakan finger painting (67,2). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa  t hitung lebih besar dari t table  menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kreativitas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan melukis pasir sangat berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas di Taman Kanak-kanak Amalan Parupuk Tabing Padang.

 

Kata kunci: Melukis; Pasir; Kreativitas.

Abstract

This study aimed to determine the effect of the Sand Painting Creativity Development Against Children In Kindergarten Practice Parupuk Tabing Padang. Type of  study is a quantitative then  to the type of experiment or research quasy experimental (quasi-experimental) by using Sand Painting. Based on the data analysis, the average values obtained results creativity development grader experiments using sand painting is higher (78.6) compared to the control class that uses finger painting (67.2). Based on the calculation of the t-test showed that t is greater than t table shows that there is a significant influence on the development of creativity. Thus concluded that by using a sand painting is very influential on the development of creativity in kindergarten Practice Amalan Parupuk Tabing Padang.

 

Keywords: Painting; Sand; Creativity

Article Metrics

 Abstract Views : 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.