METODE BERCERITA DALAM KEGIATAN MENYIMAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA TALANG KABUPATEN SOLOK

Debi Yatri Tika Ningsih(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/4660

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana metode bercerita dalam kegiatan menyimak di Taman Kanak-kanak Pembina Talang Kabupaten Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Pembina Talang Kabupaten Solok. Informan/responden adalah guru di Taman Kanak-kanak Pembina Talang Kabupaten Solok. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realita dan apa adanya. Analisis data dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan metode bercerita guru di Taman Kanak-kanak Pembina Talang Kabupaten Solok sudah sesuai dengan seharusnya dapat dilihat dari cara guru menyiapkan tempat, media yang digunakan, mengekpresikan karakter tokoh, menirukan bunyi dan karakter suara, menghidupkan suasana bercerita dan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Metode bercerita yang digunakan di Taman Kanak-kanak Pembina Talang Kabupaten Solok yaitu metode bercerita dengan alat peraga gambar, membacakan cerita, papan flanel, boneka.

 

Kata kunci: Metode Bercerita, Keterampilan Menyimak

 

Abstrack

The purpose of this study to describe how storytelling in listening activities in kindergarten Pembina Talang Kabupaten Solok. The method used is descriptive qualitative approach. This research was conducted in kindergarten Pembina Talang Kabupaten Solok. Informant / respondent is a teacher in kindergarten Pembina Talang Kabupaten Solok. Data was collected through observation, interviews, and documentation. The data obtained are described in accordance with reality and what it is. Analysis of the data in the form of a description of the form of words. Data validation techniques using triangulation techniques. The results showed the implementation of storytelling teacher in kindergarten Pembina Talang Kabupaten Solok Gutters are in accordance with the supposedly can be seen from the way the teacher to prepare a place, the media used, express the character, imitating the sound and character of the sound, turn the atmosphere of storytelling and language easily understood by children. Storytelling methods used in kindergarten Pembina Talang Kabupaten Solok is storytelling with props pictures, read stories, flannel boards, puppets.

 

Keyword: storytelling method, listening skills.


Article Metrics

 Abstract Views : 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.