Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak usia dini melalui permainan bentuk geometri dengan kain perca di TK Karya Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak dalam menciptakan suatu bentuk (bunga, pohon, gambar pemandangan, dll). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah murid kelompok B1 dengan jumlah murid 20 Orang yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan observasi, mencatat setiap kegiatan anak dari awal sampai akhir, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian perkembangan kreativitas anak menjadi lebih meningkat, tingkat keberhasilan  anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu tujuh puluh lima persen. Indikator yang dinilai yaitu membedakan/ mengelompokkan bentuk geometri berdasarkan warna, membedakan bentuk atau motif, membentuk motif dengan berbagai variasi warna, menyebutkan bentuk/ motif gambar, dan menempel bentuk geometri dari kain perca menjadi bentuk montase. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa dengan permainan bentuk geometri dengan kain perca dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Karya Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.