Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tersertifikasi Terhadap Minat Belajar Anak Selama Pandemi

Ela Faiza Silvia(1), Nur Ika Sari Rakhmawati(2),
(1) PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(2) PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/112905

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru PAUD tersertifikasi terhadap minat belajar anak selama pandemi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain survei. Survei dilakukan secara online dengan menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada guru PAUD tersertifikasi dan lembar observasi yang ditujukan kepada orangtua dari anak usia dini di Kecamatan Kedamean yang masing-masing berjumlah 58 sampel. Sebelum data dianalisis maka dilakukan uji prasyarat dahulu yang meliputi: 1) Uji Validitas; 2) Uji Reliabilitas; 3) Uji Normalitas; dan 4) Uji Linieritas. Untuk analisis data sendiri yaitu dengan Uji Hipotesis menggunakan korelasi pearson. Korelasi pearson dilakukan dengan cara membandingkan antara nilai pearson correlation dengan nilai r tabel serta membandingkan nilai signifikansi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru PAUD tersertifikasi mempunyai hubungan terhadap minat belajar anak selama pandemi senilai 0,384 yang berarti terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut akan tetapi hubungannya tergolong lemah, dan arah dari hubungan tersebut bernilai positif.

 

Kata Kunci: sertifikasi, kompetensi, minat belajar


Article Metrics

 Abstract Views : 550 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.