Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak pada Masa Pandemi Covid-19

Nadia Nikmatul Laili(1), Eka Cahya Maulidiyah(2),
(1) Jurusan PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(2) PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/112617

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak  pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak DWP Slempit II Kedamean-Gresik dengan subyek penelitian 2 pendidik yang sudah tersertifikasi PG PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dengan bantuan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam proses penelitian. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang lima indikator kompetensi profesional guru di TK Dharma Wanita Persatuan Slempit II bahwa indikator pertama mencakup lulusan guru SI PG PAUD dan penguasaan tema pembelajaran serta penyampaian materi pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak. Indikator kedua yaitu pedoman yang digunakan guru dan orangtua saat pembelajaran daring ialah RPPM BDR. Indikator ketiga meliputi metode pembelajaran dan buku paket sebagai media pembelajaran. Indikator keempat meliputi keikutsertaan guru dalam kegiatan seminar, perlombaan, dan workshop tentang PAUD sebelum dan saat pandemi. Indikator kelima mencakup kegiatan pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan memanfaatkan internet serta buku sebagai sumber belajar.  Berdasarkan hal tersebut dalam hal ini kompetensi profesional guru terlihat dapat menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik, dengan begitu pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai perencanaan pembelajaran.

Kata Kunci: Guru, Pembelajaran, Kompetensi


Article Metrics

 Abstract Views : 561 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.