Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran  pelaksanaan belajar dari rumah yang dilakukan oleh Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan Sumatera Barat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang jenis penelitiannya pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan untuk melihat bagaimana keunikan kegiatan belajar dari rumah di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan Sumatera Barat. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan belajar dari rumah di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan Sumatera Barat guru telah mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan dijadikan ke bentuk tugas belajar dari rumah yang dilakukan oleh orang tua dengan bervariasi serta metode yang menarik dalam kegiatan belajar dari rumah yang telah disusun oleh guru. Selanjutnya setelah anak melakukan kegiatan belajar dari rumah guru melakukan penilaian dari hasil karya anak melalui pengumpulan tugas ke sekolah atau dengan melihat foto dan rekaman video proses kegiatan belajar anak melalui whatsapp group dengan cara observasi video dan foto, disalin ke penilaian harian. Guru juga melakukan evaluasi ketika anak belajar tatap muka di sekolah. Guru memberikan tugas baru atau menanyakan kembali tugas yang sudah di kumpulkan dengan cara evaluasi berkelanjutan melalui pelayanan individu maupun keseluruhan anak.