Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Area  Berbasis Islam Montessori terhadap perkembangan Psikologi Anak Usia Dini di Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran area Berbasis Islam Montessori terhadap perkembangan Psikologi Anak Usia Dini di Safa Islamic Preschool Yogyakarta meliputi kegiatan awal, kegiatan inti yang mencakup kesiapan belajar, kesempatan belajar, kesempatan praktek, bimbingan, pemberian motivasi, dan model yang baik, serta istirahat dan kegiatan akhir. Safa Islamic Preschool Yogjakarta adalah PAUD di Yogjakarta yang menyampaikan kurikulum nasional dan sudah diperkaya dengan prinsip-prinsip montesori bernafaskan Islam yang terkandung dalam setiap proses pembelajaran. Safa Islmaic Preschool Jogjakarta mendasarkan pada pengenalan ajaran islam sejak dini. Dalam mengembangkan kreatfitas Anak Usia Dini, Model pembelajarannya menggunakan model pembelajaran area dengan menggunakan pendekatan Montessori bernafaskan Islam. Metode Montessori merupakan metode yang mendidik anak sesuai dengan fitrahnya sebagai seorang anak. Metode ini memfokuskan pada kepentingan anak secara individu (child/student centerd). Mereka akan melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan pilihan dan keinginan mereka, sementara guru akan berperan sebagai fasilitator dalam semua kegiatan yang mereka lakukan.Terdapat lima area di Safa Islamic Preschool, yakni area keterampilan hidup, area sensorial, area matematika, area bahasa, serta area ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang mengacu pada kurikulum-13.


Keywords


Pembelajaran Area, Islam Montessori, Perkembangan Psikologi Anak.