STIMULASI EMOSI ANAK MELALUI KEGIATAN MENYANYI BAGI GURU-GURU PAUD DI KECAMATAN AMPEK ANGKEK DAN CANDUANG KABUPATEN AGAM

Indra Yeni(1), Yulsyofriend Yulsyofriend(2), Desyandri Desyandri(3), Vivi Anggraini(4),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/103994

Full Text:    Language : en

Abstract


Kegiatan menyanyi merupakan salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Selain untuk tujuan pengembangan seni, khususnya aspek musik anak, kegiatan menyanyi juga sering digunakan sebagai media untuk mengembangkan emosi anak. Salah satu alasan yang dapat dikemukakan adalah kegiatan menyanyi memiliki daya tarik dan merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Sehingga bernyanyi adalah salah satu media yang perlu dilaksanakan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan lagu model yang lebih bervariasi. Oleh karena itu, guru harus memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang memadai sehingga emosi anak dapat terstimulasi dengan baik.

 


Keywords


Emosi Anak, Menyanyi, Guru PAUD

References


Asyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Fokusmedia.

Elliot, David James. 1995. Music Matters: A New Philosophy of Music Education. London:Oxford University Press.

Hendrie, Gerald dan Bray, Trevor. 1978. Introduction to music. An Arts Foundation CourseSeries. London: Open University Press.

Jamalus. 1998. Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: P2LPTK.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kamtini, dan Tanjung, Husni Wardi. 2005. Bermain melalui Gerak dan Lagu di TamanKanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kamien, Roger. 1998. Music an Appreciations. Annotated Instructor's Edition. New York:McGraw-Hill Book Company.

Mahmud, A.T. 1995. Musik dan Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pekerti, Widia, dkk. 2008. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pilhofer, Michael dan Day, Holly. 2007. Music Theory for Dummies. New Jersey: Wiley Publishing Inc.

Rachmi, Teti, dkk. 2008. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, Arif S., dkk. 1990. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, danPemanfaatannya. Jakarta: CV. Rajawali.

Sanaky, Hujair A.H. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Soedarsono, R.M. (ed). 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Yeni, Indra. 2009. Pengantar Seni Musik untuk Pendidikan Anak Usia Dini Padang:Sukabina Press.

Yeni, Indra. 2012. Metodologi Pengembangan Seni Musik /Suara. Padang: Jurusan PGPAUD FIP Universitas Negeri Padang.

Yeni, Indra. 2016. Teknik Iringan Lagu Anak Penggunaan Keyboard sebagai Instrumen Ritmis. Jakarta. Prenada Group

Kellough, Richard D. 1996. Understanding Childrens Art. New York:Macmillan Publishing Company.

Wilson, Margaret Berry. 2011. What Every Kindergarten Teacher Needs to Know:About Setting Up and Running at Classroom. Turner Falls, MA: NortheastFoundation for Children.


Article Metrics

 Abstract Views : 1382 times
 PDF Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.