PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DI TAMAN PENITIPAN ANAK HIKARI KIDS CLUB PADANG

Surya Delly(1), Zulminiarti Zulminiarti(2), Sri Hartati(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/103745

Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar operasional prosedur di Taman Penitipan Anak Hikari Club Padang. Pengasuh tidak menjalankan kegiatan pembelajaran sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang telah dibuat. Melalui penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana pelaksanaan standar operasional prosedur di Taman Penitipan Hikari Club Padang. penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan Setting Penelitian dilakukan di Taman Penitipan Anak (TPA) Hikari Club Padang anak usia 0-6 tahun. Penelitian ini bersumber dari subyek penelitian dengan purposive sampling (sampel bertujua) dan informasi penelitian. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar operasional prosedur sterilisasi botol susu yang dilaksanakan di Taman Penitipan Anak Hikari pada terlihat hanya pada usia 3 tahun saja yang melaksanakannya sedangkan untuk Standar operasional prosedur makan siang, saat bayi/anak tidur siang, toilet training, dan pelayanan kesehatan semua umur melaksanakannya dengan baik.

 



Keywords


Taman Penitipan Anak; Standar Operasional Prosuder

References


Wiyani, Novan Ardy. (2016). Konsep dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Permenpan Nomor 11 Tahun 2008 Tentang pedoman Penyusunan Standar Operational Prosedur (Sop) Administrasi Pemerintahan.

Hardiansyah, Haris. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 544 times
 PDF Downloaded : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.