PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCOCOKKAN ANGKA MELALUI PERMAINAN TUTUP BOTOL DI TAMAN KANAK- KANAK ABA SIMPANG TIGA PASAMAN BARAT

Eni Novita(1), Syahrul Ismet(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang.  Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang.  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/103744

Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencocokkan angka melalui permainan tutup botol. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak Taman Kanak – kanak ABA Simpang Tiga Pasaman Barat dengan jumlah 15 orang. Penelitian dilakukan selama 1 bulan yaitu pada Agustus 2018. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dengan 3 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Data kemudian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mencocokkan angka pada anak setelah dilakukan siklus I dan siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui permainan menyusun tutup botol  dapat meningkatkan kemampuan mencocokkan angka pada anak di Taman Kanak-kanak ABA Simpang Tiga Pasaman Barat.

 



Keywords


mencocokkan angka; permainan tutup botol

References


Agustin, Mubiar dan Muslihuddin. 2008. Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. Bandung: Rizqi Press.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Arikunto, S., Suhardjono.,&Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Didaktik Metodik di Taman Kanak - Kanak. Jakarta : Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta

Hildayani, 2005, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Amara Book, Jakarta

Hurlock, Elizabeth B. 1998. Psikologi Perkembangan, terj. Istiwidiyanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Mudjito. 2010. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional (Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar).

Suryana. Dadan. 2013 Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik Pembelajaran Padang : UNP Press.

Tedjasaputra, Maykes 2001.Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Yudha M Saputra & Rudyanto, 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Jakarta:DepDiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.


Article Metrics

 Abstract Views : 888 times
 PDF Downloaded : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.