Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan anak melalui penerapan teori neurosains.  Tempat penelitian ini di Taman Kanak-kanak Al Hidayah Aia Tabik Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 20 orang anak  yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 13 orang anak laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan  dokumentasi, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini sebanyak  dua siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan tekhnik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan anak. Hal ini terlihat dari hasil perolehan nilai yang di dapat anak, nilai  berkembang sangat baik (BSB) pada kondisi awal dengan  nilai rata-rata 8,75 % , pada siklus I meningkat menjadi 22,5 % dan pada siklus II meningkat menjadi 83,75 %. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai berkembang sangat baik (BSB) telah mencapai KKM pada semua aspek. Secara keseluruhan dengan teori neurosains terbukti meningkatkan kedisiplinan anak di Taman Kanak-kanak AL-Hidayah Aia Tabik.

 


Keywords


Kedisiplinan; Penerapan Teori Neurosains.