PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, KELOMPOK ACUAN, DAN HASIL BELAJAR EKONOMI TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Nita Sofia, Agus Irianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat pengaruh pendapatan orang tua, kelompok acuan, dan hasil belajar terhadap literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Padang (UNP).Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif dengan populasi yaitu mahasiswa S1 FE UNP yang berjumlah 1349 orang. Teknik penarikan sampel yaitu Proposional Random Sampling dengan sampel sebanyak 309 orang mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa FE UNP, 2)Kelompok acuan berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa FE UNP, 3)Hasil belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa FE UNP, 4)Pendapatan orang tua, kelompok acuan, dan hasil belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap literasi keuangan mahasiswa FE UNP.

 

Kata Kunci: Pendapatan orang tua, kelompok acuan, hasil belajar ekonomi, dan literasi keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.