The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap kecelakaan kerja yang terjadi pada pertambangan emas rakyat di Kabupaten Sijunjung. Tingkat kecelakaan kerja yang tinggi merupakan suatu permasalahan yang harus diselesaikan. Selain itu, pertambangan rakyat juga menyisakan beberapa permasalahan antara lain masih tingginya tingkat kekeruhan sungai akibat pertambangan emas rakyat, masih banyaknya penambangan yang tidak sesuai dengan aturan perizinan pertambangan dan lahan pascatambang yang tidak reklamasi. Pengetahuan penambangan tentang keselamatan dan kesehatan kerja menjadi faktor yang mengurangi kecelakaan kerja, dapat diartikan bahwa pengetahuan pekerja tambang merupakan bagian penting bagi para pekerja sebagai bentuk tanggapan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja yang dipengaruhi oleh pengetahuan masing-masing pekerja tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tentang kegiatan pertambangan emas rakyat dan bagaimana pengaruh antara pengetahuan pekerja tambang tentang keselamatan dan kesehatan kerja dengan frekuensi kecelakaan kerja pada penambangan emas rakyat di Kenagarian Palangki Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan “terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X1, X2 dan X3 secara bersama-sama terhadap Variabel Y”. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi variabel Y secara parsial adalah variabel X1 yaitu pengetahuan umum pekerja tambang tentang keselamatan dan kesehatan kerja. Artinya semakin baik tingkat pengetahuan pekerja tambang tentang keselamatan dan kesehatan kerja maka semakin rendah frekuensi kecelakaan kerja