LANGUAGE VARIATION BACKGROUND IN SOCIAL CONTEXT OF COMMUNITY UTTERANCES IN CENTRAL JAVA-WEST JAVA, MAJENANG

Lutfiatun Latifah(1), Kundharu Saddhono(2), Nugraheni Eko Wardhani(3),
(1) Universitas Sebelas Maret  Indonesia
(2) FKIP Univ. Sebelas Maret  Indonesia
(3) FKIP Univ. Sebelas Maret  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7675

Full Text:    Language : Id

Abstract


Variations may occur in the speech community that has two or more languages. Variations of these languages is the diversity of language and reflect the cultural diversity in the area Majenang. Of course, the diversity of language variation contained in Majenang background underlying the occurrence of a Varied language. Variations in language that will be displayed in this study is the language variation that occurs in the realm of social market, a market in which there Majenang. The purpose of this study is to describe the background of the realm of language variation terjadiya social Majenang said. This study is a qualitative approach to social and use the case study method. Collecting data in this study is observation, interview, tapping techniques, and study the documents. The validity of the data used in this study using triangulation 3, the triangulation of sources, methods, and theory.

Keywords: Background, Language Variation, Social Sphere, Majenang

 

LATAR BELAKANG VARIASI BAHASA RANAH SOSIAL MASYARAKAT TUTUR PERBATASAN JAWA TENGAH-JAWA BARAT DI MAJENANG

Abstrak

Variasi bahasa dapat terjadi pada masyarakat tutur yang memiliki dua bahasa atau lebih. Variasi bahasa tersebut merupakan keberagaman bahasa dan mencerminkan keberagaman budaya di daerah Majenang. Tentunya keberagaman variasi bahasa yang terdapat di Majenang mempunyai latar belakang yang melandasi terjadinya suatu variaasi bahasa. Variasi bahasa yang akan dipaparkaan dalam penelitian ini merupakan variasi bahasa yang terjadi dalam ranah sosial yakni pasar, pasar yang terdapat di Majenang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang dari terjadiya variasi bahasa ranah sosial masyarakat tutur Majenang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik dan mengggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, teknik sadap, dan studi dokumen. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 triangulasi, yakni triangulasi sumber, metode, dan teori.

Kata Kunci : Latar Belakang, Variasi Bahasa, Ranah Sosial, Majenang


Keywords


Background, Language Variation, Social Sphere, Majenang

References


Arianty, N. (2013). Analisis perbedaan pasar modern dan pasar tradisional ditinjau dari strategi tata letak (lay out) dan kualitas pelayanan untuk meningkatkan posisi tawar pasar tradisional. Jurnal Manejemen dan Bisnis (pp. 107-127)

Masitoh,E.A. (2013). Upaya menjaga eksistensi pasar tradisional. Jurnal PMI (pp. 63-78).

Mayerhoff, M. (2011). Introducing sociolinguisticss. New York: Routledge.

Mesthrie, R; Jpan, S; Ana, D, & William, L. L.. (2009). Introducing sociolinguistics. Edinburgh University Press.

Nugroho, A. (2015). Pemahaman kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai dasar jiwa nasionalisme. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.

Padmadewi, N.N, Merlyana, P.D, & Saputra, N.P.H. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pateda, M. (2015). Sosiolinguistik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Prayoga, Y.A. (2016). Kemampuan bercerita siswa usia 7-8 tahun berdasarkan klasifikasi kaliat bahasa Indonesia di SDN Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Surabaya. Skriptorium (pp. 121-128).

Purwoko, H.. (2008). Jawa ngoko:Ekspresi komunikasi arus bawah. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Ramendra, D.P. (2013). Variasi pemakaian bahasa pada masyarakat tutur kota Singaraja. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (pp. 275-287)

Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik: Suatu pendekatan pembelajaran bahasa dalam masyarakat multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Safar, M. (2016). Directive act in the transaction sale at central market of Watampone. Humanus (pp. 167-176).

Sadilah, E. (2011). Eksistesi pasar tradisional relasi dan jarinngan pasar tradisional di kota Semarang-Jawa Barat. Kementrian Budaya dan Pariwisata (pp. 1-2).

Saputry, D. (2015). Permainan bahasa pada plat nomor kendaraan bermotor (Suatu kajian sosioliguistik). Jurnal Kreasi (pp. 1-14).

Sari, P.J. (2015). Sosiolinguistik sebagai landasan dasar pendidikan di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (pp. 200-206).

Sunahrowi. (2007). Variasi dan register bahasa dalam pegajaran sosiolinguistik. Insania (pp. 81-92).


Article Metrics

 Abstract Views : 2601 times
 PDF Downloaded : 622 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.