EVALUASI PENGGUNAAN MATERI AJAR BAHASA MANDARIN TINGKAT SMA DI KOTA BANDUNG

Septerianie Sutandi(1), Rika Limuria(2),
(1) Universitas Kristen Maranatha  Indonesia
(2) Universitas Kristen Maranatha  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v13i2.106118

Full Text:    Language : id

Abstract


Saat ini semakin dibutuhkan materi ajar yang baik untuk pemelajar Bahasa Mandarin di Indonesia. Mengingat pentingnya peran materi ajar dalam pembelajaran Bahasa Mandarin di Indonesia, instansi pendidikan dan pengajar perlu melakukan penilaian yang cermat supaya mendapatkan materi ajar yang paling sesuai dengan kebutuhan lokal dan pemelajar. Penulis menyadari pentingnya penelitian dan evaluasi terhadap materi ajar Bahasa Mandarin tingkat SMA di Kota Bandung. Penulis menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur hasil evaluasi  pimpinan instansi pendidikan dan pengajar Bahasa Mandarin tingkat SMA di Kota Bandung yang diperoleh melalui kuesioner. Sedangkan metode kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi jenis materi ajar yang umum digunakan untuk pelajaran Bahasa Mandarin tingkat SMA di Kota Bandung, menganalisis permasalahan, penyebab, dan solusi untuk materi ajar pelajaran Bahasa Mandarin tingkat SMA di Kota Bandung berdasarkan tinjauan pustaka. Hasil evaluasi dan solusi dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi untuk arah pengembangan materi ajar Bahasa Mandarin tingkat SMA di Kota Bandung.


Keywords


Chinese language teaching materials, High school Chinese lesson, Teaching materials evaluation, Teaching materials development

References


Cheng, X. T. dan Sun, X. H. (2012). English Texbook Analysis and Design 英语教材分析与设计. Beijing: Foreign Language Teaching and Research Press.

Confucius Institute Headquarters. (2017). Confucius Institute Annual Development Report 看孔子学院年度发展报告. Beijing: Confucius Institute Headquarters.

Li, J. (2013). Study on Analysis and Compilation of Chinese Teaching Materials for Overseas Primary and Secondary Schools 海外中小学汉语教材分析与编写研究. Unpublished master’s thesis, Northwest University, Xi’an.

Li, Q. (2011). Study on Teaching Chinese as a Foreign Language 对外汉语教材研究. Beijing: The Commercial Press.

Li, Q. (2012). General Introduction to Teaching Chinese as a Foreign Language 对外汉语教材通论. Beijing: The Commercial Press.

Pan, H. L. (2011). Educational Paper Format教育论文格式. Taipei: Yeh Yeh Book Gallery.

Pan, R. X. (2017). Analysis of New Silk Road Business Chinese 《新丝路中际商务汉语》 教材分析. Unpublished master’s thesis, Sichuan Normal University, Chengdu.

Puspitaningsih, L. (2010). The Study of Teaching Chinese in Indonesia High School 印度尼西亚高中汉语教学研究. Unpublished master’s thesis, Northwest Normal University, Changchun.

Su, Y. D. (2011). The Status of Chinese Teaching Materials in Jakarta Indonesia and Their Influence on Teaching Chinese 印尼雅加达汉语教材状况及其对汉语教学的影响. Unpublished master’s thesis, Beijing Language and Culture University, Beijing.

Zhang, Q. Z. (2011). Psychological Principles of Foreign Language Learning and Teaching 外语学与教的心理学原理. Beijing: Foreign Language Teaching and Research Press.

Zhang, J. P. (2012). Modern Education Technology-Theory and Application (Second Edition) 现代教育技术 -了理论与应用(第二版). Beijing: Higher Education Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 574 times
 PDF Downloaded : 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.