Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di Sekolah

Hengki Yandri(1), Daharnis Daharnis(2), Herman Nirwana(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017

DOI : https://doi.org/10.24036/0201321866-0-00

Full Text:    Language : en

Abstract


This research aims to formulate guidance and counseling module to prevent bullying at school and to describe the level of applicability used by counselor. The method used was ADDIE model development. The subjects of the research consisted of guidance and counseling expert and the intended target of the module (counselor), chosen through purposive sampling. The instruments used were questionnaire and focus group discussion (FGD). The data were analyzed descriptively. The results showed that prototype modules developed to prevent bullying at school is applicable used by the counselor and those modules can be utilized by counselor to prevent bullying at school.

Keywords


Module; Prevention of Bullying

References


Ahmad, J. 2007. Modul dan Kaunseling Penyalahgunaan Dadah. Serdang: Universiti Putra Malaysia.

Astuti, R. P. 2008. Meredam Bullying (3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan pada Anak). Jakarta: Grasindo.

Ayriza, Y. 2009. Pengembangan Modul Bimbingan Pribadi Sosial Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Menghadapi Bencana Alam. Jurnal Pendidikan. 39 (2): 141-156.

Badan PSDMPK-PMP. 2012. Pedoman Penyusunan Modul Program Pendidikan dan Pelatihan Terpadu Bagi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.

Beane, A. L. 2008. Protect Your Child From Bullying. San Fransisco: Jossey-Bass.

Colorosa, B. 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Dharma, S. 2008. Penulisan Modul, Kompetensi Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Depdiknas.

Indaryanti., Hartono, Y. dan Aisyah, N. 2008. Pengembangan Modul Pembelajaran Individual dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 35-44.

Molenda, M. 2003. In Search of the Elusive ADDIE Models. Indiana University.

Mudjiran. 2011. Pengembangan Model Terstruktur Kepada Siswa. Padang: Sukabina Press.

Nasution, S. 1993. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

PPs UNP. 2011. Buku Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi. Padang: PPs UNP.

Prayitno. 2009. Wawasan Profesional Konseling. Padang: UNP

Riauskina dkk. 2005. ”Gencet-gencetan” di Mata Siswa/Siswi Kelas 1 SMA: Naskah Kognitif Tentang Arti, Skenario, dan Dampak ”Gencet-Gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial, 12 (01): 1 – 13.

Sanders, C. E dan Phye, G. D. 2004. Bullying: Implication For the Classromm. California: Academic Press.

Santyasa, I. W. 12-14 Januari 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Peninda Kabupaten Klungkung, Pusat Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha, Klungkung.

Sudjana, N dan Rivai, A. 2001. Teknologi Pengajaran.. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumarno, A. 2011. Keuntungan dan Kelemahan Pembelajaran Modul. Diunduh di http://elearning.unesa.ac.id tanggal 9 Januari 2012.

Suprawoto, N. A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. Makalah disajikan pada lokakarya Pengembangan Bahan Ajar bagi Guru, Dinas Pendidikan Kebumen, Kebumen, 17 Juni 2009.

Suratsih. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Laporan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 2002. Diunduh di www.komnasperempuan.or.id tanggal 7 Agustus 2011.

Yayasan Semai Jiwa Insani. 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 6002 times
 PDF Downloaded : 2686 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017