IDEOLOGI BERITA UTAMA MEDIA ONLINE VIVA.CO.ID DAN METROTVNEWS.COM

Dadi Satria(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v19i2.8438

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ideologi berita utama media online viva.co.id dan metrotvnews.com melalui struktur mikro yang dilihat dari penggunaan kata ganti dan pilihan kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian adalah  peneliti  sendiri dengan menggunakan alat bantu lembar pengumpulan data. Data penelitian ini adalah kalimat dan paragraf yang menunjukkan struktur mikro berita utama viva.co.id dan metrotvnews.com yang memuat topik yang sama. Sumber data penelitian adalah berita utama pada media online viva.co.id dan metrotvnews.com periode Januari 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca, memahami, dan melakukan pencatatan berita utama pada media online viva.co.id dan metrotvnews.com. Pengabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan membaca data, mengumpulkan berita yang memuat topik yang sama, mencatat kutipan-kutipan sesuai dengan struktur teks, mengelompokkan kutipan-kutipan tersebut, menjelaskan pendayagunaan, dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan temuan penelitian, kata ganti yang digunakan dalam berita viva.co.id sengaja menciptakan kelompok imajinatif untuk membentuk solidaritas, aliansi, dan perhatian publik serta mengurangi kritik dan oposisi. Berbeda dengan metrotvnews.com yang berusaha menghilangkan jarak dan batas antara komunikator dan pembaca serta membentuk pendapat pribadi menjadi fikiran bersama. Berdasarkan struktur stilistik, viva.co.id membangun berita melalui pilihan kata dan kalimat yang baik agar pembaca mudah memahami informasi yang disampaikan dan menciptakan kesan positif dari setiap pemberitaan. Metrotvnews.com lebih cenderung mengungkapkan fakta secara terbuka kepada pembaca tanpa menyembunyikan realita melalui pilihan kata.

Keywords


ideologi, berita utama, media online, viva.co.id, metrotvnews.com

References


Djunaedy, Kurniawan. (1990). Ensiklopedia Pers Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eriyanto. (2009). Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Ermanto. (2001). “Berita dan Fotografi”. Padang: FBS UNP.

Halliday, M. A. K. dan Ruqaiyah, Hasan. (1992). Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hamdan. (2014). “Analisis Framing Berita Perseteruan KPK dan Polri di Media Kompas.com dan Vivanews.com” (eJurnal Ilmu Komunikasi, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 171-183). Kalimantan: Universitas Mulawarman.

Kusumaningrat, Hikmat. (2005). Jurnalistik Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Liliweri, Alo. (1996). Memahami Peran Komunikasi dalam Masyarakat. Bandung: Rosda Karya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Romli, Asep. (2009). Jurnalistik Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. (2004). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudibyo, Agus. (2001). Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: LKIS.

Tarigan, Henry Guntur. (1987). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.


Article Metrics

 Abstract Views : 1357 times
 PDF Downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.