NEEDS ANALYSIS OF THE NATION'S CHARACTER-FILLED TEXTS IN INDONESIAN TEACHING MATERIALS

Defina Defina(1),
(1) Departemen IKK IPB  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v18i2.8090

Full Text:    Language : id

Abstract


The aim of this study analyzed the need for character-filled texts in Indonesian language teaching materials in IPB and identify other character values needed. The method is R & D with the concepts of Dick and Carey and Borg and Gall. The result,  the value of characters sourced from the heart: obedient rules, honesty and order, religious and pious, fair, orderly, responsible, and empathetic; comes from though: creative, intelligent, critical, innovative and oriented ipteks; sourced from kinesthetic: persistent, friendly, cheerful, clean, sportive, and cooperative; sourced from taste, proud to use the Indonesian language, love the homeland, and nationalist. Proposed, there is additional value of confident and anticorruption character. Conclusion, it is necessary to develop teaching material of Indonesian language that contains the values of nation character.

Keywords: needs analysis, Indonesian language teaching materials, character values

ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP TEKS-TEKS BERMUATAN KARAKTER BANGSA DALAM MATERI AJAR BAHASA INDONESIA

Abstrak

Tujuan penelitian ini menganalisis kebutuhan terhadap teks-teks bermuatan nilai-nilai karakter dalam materi ajar bahasa Indonesia di IPB dan mengidentifikasi nilai-nilai karakter lain yang dibutuhkan. Metodenya adalah R&D dengan konsep Dick dan Carey  dan  Borg dan Gall. Hasilnya,  nilai karakter yang bersumber dari olah hati taat aturan, kejujuran dan ketertiban, beriman dan bertaqwa, adil, tertibbertanggung jawab, dan  berempati; bersumber dari olah pikir kreatif, cerdas, kritis, inovatif dan  berorientasi ipteks; bersumber dari olah raga gigih, bersahabat, ceria, bersih, sportif, dan kooperatif; bersumber dari olah rasa-karsa, bangga  menggunakan bahasa Indonesia, cinta tanah air, dan nasionalis. Usulan, ada tambahan nilai karakter percaya diri dan antikorupsi. Kesimpulan, perlu dikembangkan materi ajar bahasa Indonesia yang memuat nilai-nilai karakter bangsa.

Kata kunci: analisis kebutuhan, materi ajar bahasa indonesia, nilai-nilai karakter


Keywords


analisis kebutuhan, materi ajar bahasa indonesia, nilai-nilai karakter

References


Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction (Edisi ke-4). New York: Longman.

Brown, J.D. (1995). The Elements of Language Curriculum: A Systematic Approach to Program Development. Boston: Heinle&Heinle Publishers.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction (Edisi ke- 7). Ohio: Pearson.

Emidar. (2014). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 15 (1), 18-27. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/komposisi/article/ view/7148/5602 (diakses tanggal 23 November 2017).

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan,28 (3), 249-256. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/ view/302/pdf (diakses tanggal 21 November 2017).

Hadi, D.C. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Memahami Hikayat Bermuatan Nilai-Nilai Moral untuk Peserta Didik SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/ view/6851 (diakses tanggal 2 Oktober 2017).

Harwood, N. (2010). Issues in materials development and design. English language teaching materials: Theory and Practice, Nigel, H., eds. Cambridge: Cambridge Language Education.

Jolly, D., & Bolitho, R. (2011). A Framework for Material Writing Material Development in Language Teaching (Edisi ke-2). Tomlinson, B., ed. London: Cambridge University Press.

Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. Karsa: The Journal of Social and Islamic Culture, 19(1), 84-92. Doi 10.19105/Karsa.V19i1.78 (diakses tanggal 2 Oktober 2017).

Lestyarini, B. (2012). Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3), 340-354. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1250/1051 (diakses tanggal 21 November 2017).

Masruri, M.S. (2010). Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Geografi. Informasi, 36 (2), 31-47. Doi 10.21831/Informasi.V2i2.6199 (diakses tanggal 5 Oktober 2017).

Megawangi, R. (2009). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Haritage Foundation.

Nation, I.S.P., & Macalister, J. (2010). Language Curriculum Design. New York: Routledge.

Nuh, M. (2013 Agustus 03). Kurikulum 2013. Kompas.com. http://edukasi.kompas.com/ read/2013/03/08/08205286/Kurikulum.2013 diakses tanggal 5 Oktober 2017.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Kebijakaan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Siswoyo, D. (2013). Pandangan Bung Karno tentang Pancasila dan pendidikan. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 103-115. Doi 10.21831/Cp.V5i1.1264 (diakses tanggal 2 Oktober 2017).

Sudewo, E. (2011). Character Building Menuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta: Republika Penerbit.

Tomlinson, B., editor. (2007). Developing Materials for Language Teaching. London: Continum, The Tower Building.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari Http://Disdik.Bandung.Go.Id/2017/Wp-Content/Uploads/ 2017/02/Uu20-2003-Sisdiknas.Pdf (Diunduh 2 Oktober 2017)

Wening , S. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (1), 55-66. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ article/view/1452/1239 (diakses tanggal 21 November 2017).

Yuliana, E.D. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Bangsa Guna Merevitalisasi Ketahanan Bangsa. Jurnal Udayana Mengabdi, 9 (2), 92-100. https://ojs.unud. ac.id/index.php/ jum/article/view/2081 (diakses tanggal 2 Oktober 2017).


Article Metrics

 Abstract Views : 486 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.