IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING IN LEARNING ARTS CULTURE ARTIFICIAL ARTS: EXPERIMENTS IN STUDENT GRADE VII JUNIOR HIGH SCHOOL

Suib Awrus(1), Wisdiarman Wisdiarman(2),
(1) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v15i2.7499

Full Text:    Language : id

Abstract


IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA BIDANG SENI RUPA:  EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SLTP

Abstract

The aim of this research was to find out the effect of using discovery learning strategy on the students’ performance in the Arts and Culture subject at SMPN 18 Padang. It was a quasi-experimental research which applied Pretest- Posttest Control Group Design. The population of this research were all students registered in the first semester in the academic year 2014/2015, and the samples were chosen purposively (purposive sampling). The source of the data was the written test administered to the students. The data obtained then were analyzed statistically. The test consisted of multiple choice questions on theories of arts and culture. T-test was used to prove the hypothesis of this research. The finding of the research showed that the students taught by using discovery learning strategy performed better than those taught by using conventional teaching strategy.

Keywords: discovery learning strategy, arts and culture, learning results

abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan discovery learning strategy terhadap kinerja siswa pada mata pelajaran Seni Rupa dan Budaya di SMPN 18 Padang. Ini adalah penelitian kuasi-eksperimental yang menerapkan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdaftar pada semester pertama tahun akademik 2014/2015, dan sampelnya dipilih secara purposive (purposive sampling). Sumber data adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik. Tes terdiri dari pertanyaan pilihan ganda tentang teori seni dan budaya. T-test digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran penemuan dilakukan lebih baik daripada yang diajarkan dengan menggunakan strategi pengajaran konvensional.

Kata kunci: strategi pembelajaran penemuan, seni dan budaya, Hasil belajar


References


Ali, Mohamad. (2004). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013) Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTS Seni Budaya dan Strategi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kerjasama Pusat Perbukuan Depdikbud dengan Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (2013). Jakarta:.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (1992). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Krikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta:

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tilaar.(2001). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wisdiarman. (2007) Pengaruh Strategi Pembelajaran Diskoveri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk Siswa Jurusan Seni Rupa FBSS UNP Padang. Tesis.Pascasarjana UNP Padang.

Zaini, Hisyam, dkk. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD.


Article Metrics

 Abstract Views : 381 times
 PDF Downloaded : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni