THE CONTRIBUTION OF LEARNING ATTITUDE AND VOCABULARY MASTERY TOWARD SHORT STORY WRITING SKILLS OF GRADE IX STUDENTS OF SMP NEGERI 1 RAMBAH SAMO ROKAN HULU

Rina Ari Rohmah(1), Syahrul Ramadhan(2), Erizal Gani(3),
(1) Universitas Pasir Pengaraian  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v18i1.7284

Full Text:    Language : in

Abstract


KONTRIBUSI SIKAP BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Abstract

This research aims to describe (1) the contribution learning attitude toward short story writing skills; (2) the contribution vocabulary mastery toward short story writing skills and (3) the contribution learning attitude and vocabulary mastery toward short story writing skills student 9­­th grade at SMP Negeri 1 Rambah Samo, Rokan Hulu Regency.This study uses a quantitative approach with descriptive methods and using correlational design. The study population was all 9th grade students of SMP Negeri 1 Rambah Samo totaling 119 people. Data were analyzed using Pearson correlation test of Product Moment (PPM), a double correlation test, t-test, F-test, and determinant coefficient formula to determine the contribution of independent variables on the dependent variable, either single or simultaneous. Results of this study are as follows: (1) learning attitude make a significant contribution to short story writing skills; (2) vocabulary contributed significantly to short story writing skills; (3) learning attitude and vocabulary mastery together make a significant contribution to short story writing skills. Thus, it can be concluded that learning attitude and vocabulary mastery, either single or simultaneous provide a significant contribution to short story writing skills of student 9­­th grade at SMP Negeri 1 Rambah Samo, Rokan Hulu Regency.

 

Keyword: learning attitude, vocabulary mastery, short story.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) kontribusi sikap belajar  terhadap keterampilan menulis cerpen; (2) kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen, dan (3) kontribusi sikap belajar dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo yang berjumlah 119 orang. Data penelitian ini berupa skor hasil sikap belajar, skor hasil penguasaan kosakata, dan skor hasil keterampilan menulis cerpen yang diubah ke dalam bentuk nilai. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan rumus koefesien determinan untuk mengetahui besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) sikap belajar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen;(2)penguasaan kosakata memberikankontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen;(3) sikap belajar dan penguasaan kosakata secarabersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sikap belajar dan penguasaan kosakata, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.

 

Kata kunci: sikap belajar, penguasaan kosakata, cerpen.


Keywords


learning attitude, vocabulary mastery, short story

References


Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmazaki. (2007). Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Citra Budaya.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Febrisma, N. (2013). “Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Peran Anak Tunagrahita Ringan (PTK Kelas DV di SLB Kartini Batam)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 1, No. 2, hlm. 109-121.

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Prenada Media Grup.

Kurniawan, H. dan Sutardi. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Limpo, J. Novita, dkk. (2013). “Pengaruh Lingkungan Kelas terhadap Sikap Siswa untuk Pelajaran Matematika”. Jurnal Humanitas, Vol. X, No.1, hlm. 37-48.

Muhardi dan Hasanuddin WS. (2006). Prosedur Analisis: Kajian Strukturalisme. Padang: Yayasan Citra Budaya Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Petrict, B. (2002). “Students Attitudes towards Writing and Development of Academic Writing Skills”. Writing Center Journal, Vol. 22, No.2, p9-27.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Zulhafizh. (2013). “Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru” (Tesis tidak diterbitkan). Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 473 times
 PDF Downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.