The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam mendesain perencanaan  pembelajaran, model yang digunakan sangat terbatas, waktu belajar sangat terbatas, siswa kurang aktif dalam belajar, Kurangnya pemahaman siswa dalam belajar,Kurangnya kreativitas siswa dalam belajar musik dan belajar masih berpusat pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, Dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan 1). Perencanaan dengan menggunakan model Problem Based Instruction guru telah menyiapkan (RPP), namun perlu ditingkatkan lagi baikdari segi penyusunan maupun penerapannya agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan apa yang diharap 2) Penggunaan Model Problem BasedInstructionadalah satu cara pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar siswa. 3)Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Penggunaan Model Problem Based Instruction  terbatasnya kemampuan guru dalam mengatur waktu,guru belum dapat membuat semua siswa aktif


Keywords


model problem-based instruction, musik