KONTRIBUSI PENGETAHUAN JURNALISTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BERITA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Dewi Anggraini(1), Ngusman Abdul Manaf(2), Syahrul R Syahrul R(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2)  
(3)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v20i1.102888

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan selama perkuliahan Pengantar Ilmu Jurnalistik. Pada awal matakuliah paket jurnalistik, mahasiswa kurang berminat dalam perkuliahan. Padahal, ini berkaitan dengan pengetahuan jurnalistik. Namun, di akhir matakuliah paket jurnalistik yang berkaitan dengan praktik menulis berita, mahasiswa antusias dalam perkuliahan. Bertolak dari hal tersebut, penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan kontribusi pengetahuan jurnalistik terhadap keterampilan menulis berita mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional distribusional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP yang berjumlah 453 orang dan tersebar ke dalam empat kelompok (Tahun Masuk). Berdasarkan pertimbangan perbedaan yang ada antar kelompok populasi, maka sampel penelitian ini dipilih dari mahasiswa angkatan 2014. Sampel berjumlah 51 orang diambil dengan teknik acak sederhana menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi10%. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menulis berita, tes dan tes pengetahuan jurnalistik.

Berdasarkan analisis data hasil penelitian diketahui tiga hal berikut. (1) penguasaan kosakata berkontribusi sebesar 20,93% terhadap keterampilan menulis berita. (2) pengetahuan jurnalistik berkontribusi sebesar 30,73% terhadap keterampilan menulis berita. dan (3) secara bersama-sama penguasaan kosakata dan pengetahuan jurnalistik berkontribusi sebesar 32,39% terhadap keterampilan menulis berita. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis penelitian ini diterima. Dengan kata lain, penguasaan kosakata dan pengetahuan jurnalistik, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama berkontribusi terhadap keterampilan menulis berita.

Kata kunci: kontribusi, pengetahuan jurnalistik, menulis berita


References


Abdurrahman dan Ratna, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Padang: FBSS UNP.

Ansoriyah, S. (2017). Pengaruh Pemberian Musik Klasik terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa SMAN 37 Jakarta. Jurnal Aksis 1 (1), 104—117. (http://doi.org/10.21009/10.210009/AKSIS.010106). Diunduh 22 Oktober 2017.

Anwar, R. (1991). Bahasa Jurnalistik dan Komposisi. Jakarta: Pradnya Paramita.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assegaff, Dj. H. (1991). Jurnalistik Masa Kini: Pengantar ke Praktek Kewartawanan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewan Pers. (2011). Kode Etik Jurnalistik. (http://dewanpers.or.id/peraturan/ detail/190/kode-etik-jurnalistik). Diunduh 25 Februari 2016.

Ermanto. (2001). Bahasa Jurnalistik. Padang: FBSS UNP.

Ermanto. (2001). Berita dan Fotografi. Padang: FBSS UNP.

Ermanto. (2005). Wawasan Jurnalistik Praktis: Peluang dan Tantangan Wartawan Praktis. Yogyakarta: Cinta Pena.

Fatmawati, U. (2015). Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Model Group Investigation pada Siswa kela,s VIII-B SMPN 1 Mandalle Kab. Pangkep. Jurnal Nalar Pendidikan 3 (1), 270—279. (http://oaji.net/articles/2015/2196-1436545292.pdf). Diunduh 22 Oktober 2017.

Herrlina, O. (2016). Pengaruh Pelanggaran Etika Berita terhadap Audiens Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi Akrab 1 (1). (http://ojs.akrb.ac.id/index.php/akrab/article/view/4). Diunduh 22 Oktober 2017.

Ishwara, L. (2007). Catatan-catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.

Kusumaningrat, H. dan Kusumaningrat, P. (2005). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.

Nangkih, O. K. (2015). Penerapan Kode Etik Jurnalistik pada Berita Kriminal oleh Suratkabar Samarinda Pos pada Periode November 2014—Februari 2015. E-Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (1). (ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id). Diunduh 12 Oktober 2017.

Nisa, K. (2017). Analisis Kemampuan Menulis Berita Mahasiswa. Jurnal Komunitas Bahasa 1 (1). (http;//jurnal.una.a.id/index.php/jb/issu/view/4). Diunduh 22 Oktober 2017.

Patmono SK. (1993). Teknik Jurnalistik: Tuntunan Praktis untuk Menjadi Wartawan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Putrika, R.. (2013). Pengertian Filsafat, Pengetahuan, dan Ilmu Pengetahuan. (https://rifkaputrika.wordpress.com/2013/03/29/iad/). Diunduh 2 Maret 2016.

Riduwan. (2007). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sari, F. M. (2014). Analisis Penerapan Kode Etik Jurnalistik pada Harian Serambi Indonesia. Jurnal Interaksi 3 (2), 131—139. (e-jurnalundip.a.id/index.php/interaksi/article/download/8779/7105). Diunduh 22 Oktober 2017.

Sulistyowati, F. (2004). Organisasi Profesi Jurnalis dan Kode Etik Jurnalistik. Jurnal Ilmu Komunikasi 1 (1), 113—126.

Semi, A. (2009). Menulis Efektif. Padang: UNP Press.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. (edisi ke-6). Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, AS, H. (2005). Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Rosdakarya.

Syahrul. (2010). Peningkatan Menulis Berita dengan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas VIII.1 SMPN 3 Kinali. Padang: PPs UNP.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wikipedia. (2015). Kode Etik Jurnalistik. https://id.wikipedia.org /wiki/Kode_

etik_jurnalistik. Diunduh 25 Februari 2016.


Article Metrics

 Abstract Views : 1371 times
 PDF Downloaded : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.