UNDERSTANDING THE SOUND CHARACTER OF THE TOOL WITH A VIDEO SLIDE SKETCH ON THE ENSEMBLE LEARNING AT SMPN14 PADANG

Yos Sudarman(1), Harisnal Hadi(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v19i1.100029

Full Text:    Language : en

Abstract


This research aims to develop the subject matter of Art of Culture according to the curriculum of 2013, especially from the enriching aspect of instructional material of musical ensemble. The method used in this research is R & D method. The result of the research has created the development of teaching materials of local musical ensemble on Minangkabau music material, which by displaying the character of the ensemble instrument sound in the form of sketch-based video, the teacher can complete the teaching material in the show and not need to be demonstrated. With the enrichment of musical ensemble lesson material using this sketch-based slide video also, the teacher can present the lesson with more appreciative and attract the attention of the student, that is by the use of materials, tools, materials and study time effectively and efficiently.

Keywords: sound character, music tool,video slide sketch, ensemble

 

MEMAHAMI KARAKTER BUNYI ALAT DENGAN VIDEO SLIDE SKETSA PADA PEMBELAJARAN ENSAMBEL DI SMPN14 PADANG

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pelajaran Seni Budaya sesuai kurikulum 2013, khususnya dari aspek memperkaya substansi bahan ajar ensambel musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D. Hasil penelitian telah menciptakan pengembangan bahan ajar ensambel musik daerah setempat pada materi musik Minangkabau, yang mana dengan menampilkan karakter bunyi alat musik ensambel dalam bentuk video berbasis sketsa, guru dapat melengkapi bahan ajarnya dalam tayangan dan tidak perlu didonstrasikan. Dengan adanya pengayaan materi pelajaran ensambel musik menggunakan video berbasis slide sketsa ini pula, guru dapat mempresentasikan pembelajaran dengan lebih apresiatif dan menarik perhatian siswa, yakni dengan penggunaan materi, alat, bahan dan waktu belajar yang efektif dan efisien.

Kata kunci: karakter bunyi, alat, video slide sketsa, ensamble


References


Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Ariani, N. & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: PedomanPembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prosprektif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ali, M.(1992). Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006).Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Gagne, R.M. (1989). Principle of Instructional Design. New York: Hall Rinehant and Winston.

Ghufron, A. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Ghufron, A. (2005). Model Pengembangan Sistem Pembelajaran bagi Penyiapan Sumberdaya Manusia Era Informasi. Artikel Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran “Teknologi Pembelajaran Menuju Masyarakat Belajar” pada tanggal 5-6 Desember 2005.

Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hamdju, A. & Windawati, A. (1981). Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara

Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Tenaga Kependidikan Depateman Pendidikan dan Kebudayaan

Jamalus. (1988). Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV. TitikTerang

Nasution, S. (1984). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yoyakarta: Kanisius

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 272 times
 PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.